Pengertian, Fungsi Dan Konfigurasi Host File Pada Windows – Sering kita lihat sebuah proses yang berjalan di dalam sistem operasi windows saat kita membuka task manager yaitu file host. Apa sih file host itu ? File Host merupakan file yang berfungsi untuk mengarahkan atau memetakan nama domain ke IP address tertentu. Saat komputer akan mencari IP address, yang pertama di lakukan komputer adalah mencari file host terlebih dahulu.

Pengertian Host File

Host file merupakan sebuah file pada sistem operasi windows yang bertugas atau berfungsi mengarahkan hostname ke IP address. Host file terdapat pada lokasi “C:\Windows\System32\drivers\etc” dan bentuknya file text yang bernama “host”. File host sangat rentan karena target utama bagi virus komputer dan virus trojan.

Fungsi Host File Pada Windows

Fungsi Host file merupakan fasilitas atau bagian dari sebuah implementasi sistem operasi internet protocol (IP), Host file berfungsi menerjemahkan domain / hostname sebuah komputer yang di pahami oleh manusia (human friendly hostname) ke Internet Protocol (IP) numeric. Tugas Host file adalah menyimpan nama domain atau hostname dan IP sesuai kebutuhan dan tujuan komputer itu sendiri.

Baca juga : Cara Melihat MAC Address Pada Laptop Dan PC Lewat CMD Windows 10, Komponen & cara merakit pc game

Konfigurasi Host File

Cara konfigurasi dari host file ini bisa di lakukan dengan menggunakan aplikasi atau secara manual. yang akan penulis bahas adalah konfigurasi secara manual. Berikut ini adalah langkah-langkah konfigurasinya :

  • Buka file host

Yang pertama kita lakukan adah membuka host file dengan cara cari folder path : C:\Windows\System32\drivers\etc kemudian, cari icon aplikasi notepad, klick kanan run as administrator.

Pengertian Fungsi Dan Konfigurasi Host File Pada Windows - Host file merupakan sebuah file pada sistem operasi windows yang bertugas atau berfungsi mengarahkan hostname ke IP address. Host file terdapat pada lokasi "C:\Windows\System32\drivers\etc" dan bentuknya file text yang bernama "host". host file sangat rentan karena target utama bagi virus komputer dan virus trojan.
Pengertian Fungsi Dan Konfigurasi Host File Pada Windows

Kemudian setelah Notpad terbuka, Open file host dengan cara : file > open > path folder > all file > pilih file host > open

Pengertian Fungsi Dan Konfigurasi Host File Pada Windows - Open file host
  • Edit Isi file host

Setelah host file terbuka, kemudian konfigurasi atau edit sesuai kebutuhan. berikut dalah konfigurasi default yang ada pada file host windows :

host file default - Pengertian Fungsi Dan Konfigurasi Host File Pada Windows
host file default
  • Simpan file host

Setelah file host di konfigurasi simpan dengan cara tekan tombol keyboard ctrl+s lalu close file host

Kesimpulan – Pengertian Fungsi Dan Konfigurasi Host File Pada Windows

File host adalah file yang di sediakan oleh windows pada file path “C:\Windows\System32\drivers\etc“, Yang berfungsi untuk mengarahkan domain atau hostname ke internet protocol (IP). Cara konfigurasi atau editnya bisa dilakukan dengan cara menggunakan aplikasi eksternal dan manual edit pada file host nya langsung.


admin

giginau

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.