Pengertian Alarm Dan Event Wonderware Intouch

Pengertian Alarm Dan Event Wonderware Intouch ? Kita dapat membuat aplikasi InTouch yang menghasilkan alarm dan event untuk memberi tahu operator tentang status proses aktivitas.

Alarm berfungsi memperingatkan operator run-time tentang kondisi proses yang berpotensi menimbulkan masalah. Biasanya, Anda mengatur menyalakan alarm untuk memicu ketika nilai proses melebihi ambang batas yang ditentukan. Operator biasanya harus mengetahui
alarm.

Sedangkan Event mewakili pesan status sistem normal. sebuah event khas adalah ketika kondisi sistem terjadi, seperti seorang operator masuk ke aplikasi InTouch. Operator tidak harus mengakui kejadian.

Berikut gambar menunjukkan bagaimana InTouch HMI menangani alarm danevent saat aplikasi sedang berjalan. Alarm dan event data di simpan ke database alarm.

Pengertian Alarm Dan Event Wonderware Intouch

Kita dapat mengkonfigurasi tagname apa pun untuk pemantauan event. Sebuah message event tercatat ke sistem alarm setiap kali tag mengalami perubahan nilai. Message event tersebut mencakup bagaimana nilainya berubah dan apakah operator, I / O, skrip, atau sistem mengalami perubahan.

Baca juga : Cara install wonderware intouch, Network Application Development (NAD)

A. InTouch Alarm – Pengertian Alarm & Event Wonderware Intouch

Alarm mewakili peringatan kondisi proses yang bisa menyebabkan masalah dan membutuhkan respon operator. Sebuah tipikal alarm terpicu ketika nilai proses melebihi ambang batas yang di tentukan pengguna, seperti nilai analog yang melebihi ambang atas. Ini memicu alarm untuk memberi tahu operator dari sebuah masalah. Setelah operator mengenali alarm, file InTouch HMI mengenali bahwa alarm telah di kenali. kita dapat mengkonfigurasi InTouch HMI untuk meminta alarm di akui bahkan jika kondisi yang menyebabkan alarm telah lulus.

Ini memastikan bahwa operator mengetahui kejadian itu menyebabkan status alarm sementara tetapi telah kembali normal. Perhatikan status alarm utama dalam tabel berikut :

Alarm StateCondition
ACKAlarm diakui.
ALMAlarm telah terjadi.
RTNTag dikembalikan dari status alarm ke keadaan normal.

a. Alarm Prioriatas

Anda menetapkan tingkat prioritas, atau keparahan, ke alarm. Contoh sebuah batas suhu boiler, misalnya, akan membutuhkan sebuah alarm prioritas tinggi, membutuhkan perhatian segera. Sebuah akhir alarm shift jauh lebih ringan. Prioritas alarm biasanya tergantung pada keadaan — pabrik aplikasi, sifat peralatan, keamanan, ketersediaan sistem cadangan, potensi biaya kerusakan, atau waktu henti. Anda menetapkan prioritas alarm saat Anda menentukan tag. Itu prioritas dapat berkisar dari 1 hingga 999, dengan 1 sebagai yang paling banyak berat.

Anda dapat menetapkan berbagai prioritas alarm untuk mewakili sebuah klasifikasi alarm. Misalnya, jika suatu proses membutuhkan empat tingkat keparahan, Anda dapat membuat empat rentang prioritas.

Alarm SeverityPriority Range
Critical1 – 249
Major250 – 499
Minor500 – 749
Informational750 – 999

Rentang berguna untuk pemfilteran alarm. Misalnya, Anda bisa konfigurasikan tampilan alarm untuk menyaring semua kecuali alarm kritis. Anda dapat membuat tautan animasi, pengakuan skrip, serta tampilan dan pencetakan yang terfilter, semua berdasarkan file kisaran prioritas alarm.

b. Alarm Sub-States

Alarm multi-status mencakup serangkaian sub-kondisi alarm. Misalnya, alarm analog biasanya memiliki beberapa batasan.

  1. Ambang batas Tinggi dan Rendah menetapkan batas untuk jangkauan operasi normal.
  2. Batas HiHi dan LoLo menandai penyimpangan ekstrim dari kisaran nilai normal. Tingkat suhu boiler bisa berada dalam kondisi yang mengkhawatirkan untuk salah satu dari sub-negara bagian ini. Suhu boiler bisa juga transisi antara dua sub-negara bagian sambil melanjutkan untuk tetap dalam kondisi khawatir secara keseluruhan.

Baca Juga : Membuat Pernyataan Atau Statement Pada JavascriptJavaScript SyntaxCara Install Microsoft SQL Server 2008 R2 (MSSQL 2008 R2) Cara Install Wonderware Intouch

c. Alarm Acknowledgement

Ketika alarm berbunyi, run time operator (atau sistem) harus mengetahui alarm tersebut. Pengakuan semata menunjukkan bahwa seseorang menyadari alarm tersebut.

Ini adalah terpisah dari mengambil tindakan korektif, yang mungkin tidak terjadi segera. Ini juga terpisah dari apakah file kondisi alarm kembali normal — yang mungkin di lakukan pada tempatnya sendiri, bahkan tanpa intervensi eksternal.

Alarm dengan prioritas tinggi atau sedang biasanya membutuhkan segera pengakuan, sementara alarm dengan prioritas sangat rendah mungkin tidak.

Selanjutnya meski kondisi yang di bangkitkan alarm bisa saja pergi menjauh (misalnya, suhu naik terlalu tinggi dan kemudian menjadi lebih rendah lagi), alarm itu sendiri tidak di anggap terselesaikan sampai diakui.

d. Alarm Groups

Kemudian kita dapat mengelompokkan alarm untuk melakukan pelacakan dan manajemen lebih mudah. Grup alarm adalah representasi logis dari perbedaan area pabrik, peralatan, operator tanggung jawab, atau proses pembuatan. Misalnya, gambar berikut menunjukkan alarm tiga tingkat hierarki grup untuk aplikasi tambak tangki.

Pengertian Alarm Dan Event Wonderware Intouch

Grup alarm berguna untuk memfilter tampilan alarm, alarm printer, dan skrip pengakuan.

Setiap tag di kaitkan dengan grup alarm. Secara default, tag di tugaskan ke grup $ System utama. Anda dapat membuat file hierarki grup alarm tambahan di bawah $ System grup, hingga maksimum 32 level.

Kemudian membuat grup alarm dan mengasosiasikan tag dengan mereka saat Anda mendefinisikan tag Anda di Kamus Tagname. Grup alarm dan variabel grup tidak kompatibel dengan SmartSymbols.

Anda tidak dapat menggunakan referensi ke grup alarm atau mengelompokkan variabel dalam SmartSymbol.

BACA : C++ CLASS AND OBJECTS, Tutorial backup database dengan batchfile

2. InTouch Events- Alarm & Event Wonderware Intouch

Event adalah kejadian yang dapat di deteksi dari sesuatu yang terjadi dalam sistem, yang mungkin terkait atau tidak terkait sebuah alarm. Transisi ke atau keluar dari keadaan waspada adalah salah satunya jenis acara.

Selanjutnya suatu event mungkin merupakan tindakan operator, mengubah konfigurasi sistem, atau beberapa jenis sistem dan kesalahan.

Event berbeda dari suatu kondisi. Suatu kondisi bisa terus berlanjut untuk menit, jam, hari, atau minggu. Sebuah event bersifat sesaat; saya terjadi dan segera berakhir. Alarm adalah suatu kondisi; pemberitahuan alarm adalah sebuah event.

Kemudian Event mewakili pesan status sistem normal dan tidak membutuhkan respons operator.

Saat Anda menentukan tag untuk melakukan pemantauan event, Anda dapat memilih agar pesan acara di cetak atau tercatat ke sistem alarm setiap kali nilai tag berubah.

Event dapat berupa salah satu dari jenis berikut :

EventCondition
OPROperator mengubah nilai tag menggunakan
inputan nilai
LGCQuickScript mengubah nilai tag
DDENilai tag diambil dari klien DDE
SYSEvent sistem
USER$Pergantian Operator

admin

giginau

Tinggalkan Balasan