Pengertian Bahasa Pemrograman KOTLIN

Mengenal Bahasa Pemrograman Kotlin Untuk Aplikasi Android – Kotlin adalah bahasa pemrograman modern statis yang di gunakan para developer android yang berjalan pada platform java virtual machine (JVM). Bahasa Kotlin ini open source sehingga banyak di sukai banyak para developer android.

Sejarah Singkat Bahasa Pemrograman KOTLIN

Pertama kali di rilis pada Juli 2012 oleh Dmitry Jemerov, nama kotlin di ambil dari dari pulau Kotlin di dekat St. Petersburg (Rusia). Kotlin menjadi bahasa pemrograman ke 3 yang didukung android selain Java. Kotlin di kembangkan oleh perusahaan pengembang perangkat lunak Khususnya perangkat lunak IDE yaitu JetBrains yang kemudian di adopsi oleh google untuk mengembangkan aplikasi Android dengan Android studio nya.

Kenapa Harus Mempelajari Bahasa Pemrograman Kotlin ?

Selain bahasa pemrograman yang modern, Kotlin juga mulai banyak di gunakan oleh perusahaan-perusahaan besar, Seperti Gojek, Pinterest, Slack dll, Yang tentu saja membutuhakn tenaga programmer yang mempunyai keahlian yang sama untuk SDM nya. Selain itu kotlin merupakan bahasa pemrograman modern yang banyak digunakan developer untuk meningkatkan produktifitas, kepuasan developer dan keamanan kode. Berikut adalah kelebihan-kelebihan bahasa pemrograman kotlin dibanding yang lainya :

Baca juga : Belajar Dasar-Dasar Bahasa Pemrograman Kotlin

Bahasa Pemrograman Kotlin Ringkas Dan Ekspresif

Fitur bahasa pemrograman modern dari kotlin. Memungkinkan kita bisa fokus terhadap penulisan kode dan bebas mengekspresikan ide dengan menuliskan sedikit kode. Berikut contoh penulisan sederhana bahasa pemrograman kotlin :

fun main(arg:Array<String>){
println("Hallo giginau")
}

Berikut contoh penulisan variabel pada kotlin :

var nama:String
atau
var nama:String="giginau"

Contoh penulisan class di awali dengan huruf besar. berikut contoh penulisan class pada kotlin :

class Belajar {
    ...
}

Contoh penulisan program sederhana pada bahasa pemrograman kotlin :

fun main() {
    val name = "giginau"        
    println("Hallo, $name!")       
    print("Current count:")
    for (i in 0..10) {          
        print(" $i")
    }
}

Hasilnya sebagai berikut :

Hallo, giginau!
Current count: 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Bahasa Pemrograman Kotlin Lebih Aman

Dengan adanya fitur @Nulllable dan @NonNull yang di sertakan ke dalam sistem jenisnya. Bahasa Kotlin ini membantu kita untuk menghidari NullPointerExceptions. Fitur ini memiliki kemungkinan error 20% lebih rendah.

Bahasa Pemrograman Kotlin sangat Interoperabilitas

Bahasa pemrograman Kotlin memiliki interoperabilitas (kemampuan interaksi) 100% dengan bahasa pemrograman Java. Sehingga kita dapat menggunakan sesedikit atau sebanyak mungkin Kotlin dalam aplikasi Anda sesuai keinginan.

Terstruktur – Mengenal Bahasa Pemrograman Kotlin Untuk Aplikasi Android

Kemudian kelebihan terakhir, Coroutine Kotlin menyederhanakan pemrograman asinkron, membuat tugas umum seperti panggilan jaringan dan update database menjadi sederhana dan berperforma sangat tinggi.

Baca juga : Pengertian ORM


admin

giginau

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.