Wajib Tau! Cara Agar Format Dokumen Microsoft Office Compatible Semua Versi

Format Dokumen Microsoft Office Compatible Semua Versi – Pernah mengalami kendala ketika membuat dokumen di office 2007 kemudian membukanya di office 2010 atau office 2013? Pasti pernah bukan, entah jarak sepasi acak-acakan nomer bullet berantakan dan lain sebagainnya. Rasa kesal pun pasti ada ketika ingin mencetak sebuah dokumen yang menggunakan versi office yang berbeda.

Format Dokumen Microsoft Office Compatible Semua Versi
           Format Dokumen Microsoft Office Compatible Semua Versi

Bila temen menggunakan Office Word 2010 jenis file adalah format berekstensi .docx tidak seluruhnya bisa digunakan dalam Microsoft Word 2007. Karena tidak adanya dukungan pada versi sebelumnya. Seperti jenis Word Art pada Office 2010 tidak sama seperti di Office 2007, dan yang juga spasi yang tidak sesuai.

Masalah ini penyebabnya adalah perbedaan format file, karena walaupun ekstensi filenya sama yaitu DOCX namun sebetulnya tetap ada perbedaan antara DOCX pada Word 2007 dan DOCX pada Word 2010. Ini yang membuat kita kadang jengkel, jarak spasi yang sudah terketik dalam Microsoft Word 2010 tidak turut tampil di Microsoft Word 2007 atau sebaliknya. Bahkan hampir seluruh spasi yang ada yang hilang.

mengutip dari blogs.technet.com solusi paling mudah ialah hanya tinggal “Menyesuaikan” versi Word antara semua pengguna, namun jika hal ini tidak memungkinkan, maka untuk sementara, saat hendak menyimpan file gunakan format DOC yang merupakan format Word 2003. Berikut beberapa tips mengatasi masalah spasi yang eror baik di Office 2007, 2010, 2013, 2016 etc.

TIPS & CARA

TIPS PERTAMA

Untuk menerapkan cara pertama ini sangat mudah, ketika sudah selsai membuat dokumen dan hendak men-save gunakan format DOC,
– Pilih Save, atau Save As
– Lalu pada save as type pilih Word 97-2003 Document
– Klik Save

TIPS KEDUA

Cara kedua ini memerlukan koneksi ke internet, Anda harus mendownload “The 2007 Microsoft Office Suite Service Pack 3 (SP3)”, jadi Office 2007 anda harus diinstalkan file tadi agar bisa membuka ektensi office 2010, karena sudah dijelaskan sebelumnnya walaupun keduanya memiliki file berekstensi sama yaitu DOCX, tetapi tetap berbeda DOCX pada Word 2007 dan DOCX pada Word 2010.

TIPS KETIGA

Cara ketiga ini dilakukan ketika teman ingin melakukan save pada Office 2010, ada beberapa point yang perlu di perhatikan pada proses penyimpanan
– Pilih Menu File
– Klik Info
– Selanjutnya, Prepare for sharing
– Terakhir check compatibility

TIPS KEEMPAT

Cara keempat yaitu dengan menggunakan fasilitas Google Docs

– Upload file Office 2010 yang sepasinyahilang ketika di buka pada Office 2007
– Setelah di upload, buka terlebih dahulu.
– Klik kanan dokumen yang di buka tersebut, kemudian pilih Open With dan pilih Google Docs
– Bila berhasil muncul dokumen baru di halaman Google Docs atau Drive hasil ubahan yang telah di konvert.

Mungkin itu saja beberapa tips yang kami berikan semoga bermanfaat untuk teman teman.

Baca : Belajar C++ Class, backup database dengan batchfile

Tinggalkan Balasan