Cara Backup Database Dengan Batch File

Taukah Anda Cara Backup Database Dengan Batch File ?

Hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang yang bergelut di bidang IT, khusnya yang berprofesi sebagai system developer untuk membackup system yang mereka buat atau maintence.

Selanjutnya Artikel ini akan menjelaskan tentang Cara Backup Database Dengan Batch File menggunakan Task Scheduler.

Sebelum masuk kedalam materi kita kali ini, ada baiknya mari kita mengulas definisi – definisi atau istilah untuk menamabah wawasan kita dalam artikel ini:

Istilah – Istilah

  1. Database Backup adalah proses membuat cadangan keadaan operasional, arsitektur, dan data yang di simpan dari perangkat lunak basis data. Ini memungkinkan pembuatan contoh duplikat atau salinan database jika database utama macet, rusak, atau hilang.
  2. Bacth File adalah berkas teks yang berisi beberapa seri perintah untuk di jalankan oleh interpreter perintah. atau kumpulan perintah-perintah command line yang dapat di jalankan pada Microsoft Windows.
  3. Task Scheduler  adalah komponen  dari Microsoft Windows yang menyediakan kemampuan untuk menjadwalkan peluncuran program atau skrip pada waktu yang di tentukan sebelumnya atau setelah interval waktu yang di tentukan.

Kemudian dalam membuat backup system atau program di lakukan secara berkala setiap bulan, atau tahun sesuai kebutuhan. jika backup di lakukan secara manual bisa kita bayangkan bukan? Pastinya cukup merepotkan, dalam artikel inilah jawaban atas masalah tersebut.

Berikut adalah Langkah – langkah adalah langkahnya :

Backup Database Dengan Batch File – Langkah – Langkah

Buat Database

Pertama Buatlah database yang akan di backup atau gunakan database yang sudah ada. di sini saya akan menggunakan database MYSQL dengan nama dbwarga.

Buat Batch File

Untuk membuat bact file berikut langkah langkahnya : bukalah notpad.exe, kemudian ketikan script di bawah ini, lalu save dengan format dokumen (.bat) dan beri nama backup.bat, kemudian ketikan perintah – perintah sebagai berikut :

@echo off
cd/
c:
cd xampp/mysql/bin
mysqldump -uadmin -padmin dbwarga > e:\backup\db_%date:~2,2%%date:~4,4%%date:~8,8%_%time:~0,2%%time:~3,2%%time:~6,2%%time:~6,2.sql

Buat Task Sceduler

Untuk membuat task schedule berikut adalah langkah langkahnya : Task schedule >> Create basic task (name, description) >> triger (daily) >> recur = 1 day >> action start program (choose file path backup.bat) >> Finish, untuk kebutuhan sesuaikan dengan kebutuhan anda masing – masing.

Cara Backup Database  Dengan Batch File
Cara Backup Database Dengan Batch File

Selanjutnya seletah semua proses sudah di jalankan, jalankan job schedule dan tunggu sampai database ter backup sesuai dengan job schedule yang telah di buat di atas.

Berikut Untuk lebih jelasnya teman – teman bisa lihat vidio di bawah ini :

Cara Backup Database Dengan Batch File

Berikut Penjelasan : Vidio di atas menunjukan contoh langkah – langkah cara backup database dengan batch file.

Kesimpulan

Kesimpulanya adalah : Task scheduler mengeksekusi berkas batch file yang berisi perintah – perintah secara berkala, sehingga semua proses berjalan otomatis dan terkontrol oleh sistem.

Baca : Belajar C++ Class, Tutorial cara backup database dengan batchfile

Terimakasih dan sampai jumpa di ulasan artikel selanjutnya.

Jika artikel ini bermanfaat tolong jangan lupa share dan ikuti terus artikel – artikel terbaru dari kami. Harapan saya kita semua sehat selalu dan Terimakasih

admin

giginau

This Post Has 2 Comments

Tinggalkan Balasan