C++ Pointer

Apa itu C++ Pointer ?

C++ Pointer adalah penunjuk suatu variabel atau variable yang berisi alamat memori dari variable yang lain. pointer wajib memiliki alamat dari variabel yang merujuknya.
Penulisan variable pointer kita mengawalinya dengan simbol pointer (*) dan kemudian dengan nama variable (identifyer).

Deference (&) merupakan suatu operator yang berfungsi untuk menanyakan alamat dari suatu variabel. Jika memberikan simbol (&) pada awal variabel dan mencetak hasilnya pada jendela CLI, maka resultnya atau hasilnya adalah alamat dari variabel tersebut.

Reference (*) merupakan suatu operator yang berfungsi menyatakan suatu variabel sebagai variabel pointer. Sama halnya dengan deference (&), peletakan simbol operator reference terdapat pada awal variabel kemudaian baru variabel. Reference (*) bertugas membuat suatu variabel pointer untuk menampung alamat variabel yang terpilih.

Baca : Belajar C++ Class, Tutorial backup database dengan batchfile

Berikut ini adalah contoh – contoh dan cara mendirikan sebuah pointer dalam bahasa pemrograman c++:

Syntax :

typedata *identifyer = value;

Kemudian cara penulisan syntax diatas diawali dengan tipe data – simbol pointer (*) – indentifyr – dan value dari variable.

Inisialisasi :

int *ptr = 8;

Penjelasan : <*ptr>(pointer) dapat mengakses data dari alamat <8>. pointer sebaiknya inisialisasinya dengan alamat 0 atau <NULL>, tujuanya adalah untuk memastikan ulang alamat dari pointer memiliki nilai null atau 0 saat menjalankan sebuah program (run program).

Contoh <pointer>:

#include <iostream>
using namespace std;


int main()
{

   // variabel
    int var = 8;

    // inisialisasi pointer
    int *ptr = &var;

    printf("alamat 'var' = %d\n", &var);
    printf("alamat '*ptr' = %d\n", ptr);
    
    return 0;
    
}

Berikut Penjelasan : penulisan pointer diawali dengan penulisan inisialisasi variabel <var> dengan diikuti dengan inisialisasi variabel pointer <*ptr> dengan nilai 8, setelah itu mencetak nilai dari <&var> dan <ptr>.

Outputs :

alamat 'var' = -426988732
alamat '*ptr' = -426988732

Berikut Penjelasan : Hasil menampilkan nilai dari nilai dari <&var> dan <ptr>.

Jika tutorial ini bermanfaat tolong jangan lupa share dan ikuti terus artikel – artikel terbaru dari kami. Harapan saya kita semua sehat selalu dan Terimakasih 

admin

giginau

This Post Has One Comment

  1. budi

    terimakasih tutornya

Tinggalkan Balasan