C ++ BASIC PROGRAMMING

C ++ BASIC PROGRAMMING
C ++ BASIC PROGRAMMING

C ++ BASIC PROGRAMMING – Tahu kah anda tentang C ++ BASIC PROGRAMMING ? atau dalam bahasa indonesia diartikan sebagai DASAR DASAR PEMROGRAMAN C++ itu apa saja ? Mari simak !

C ++ BASIC PROGRAMMING
C ++ BASIC PROGRAMMING

SEJARAH BAHASA PEMROGRAMAN C++

Bahasa pemrograman C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang di diciptakan oleh Bjarne Stroustrup, bahasa ini yang merupakan pengembangan dari bahasa C, yang dikembangkan di Bell Labs Dennis Ritchie pada awal tahun 1970-an, bahasa ini turunan dari bahasa sebelumnya yaitu bahasa B. pada mulanya, bahasa tersebut didesign sebagai bahasa pemrograman yang di jalankan pada sistem Unix atau linux. Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standards Institute) pada bahasa pemrograman C menjadi versi dominan atau banyak di gunakan, meskipun versi tersebut sekarang jarang terpakai untuk pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded(mengutip dari wikipedia)

STRUKTUR PENULISAN BAHASA PEMROGRAMAN C++

Selanjutnya dalam penulisan bahasa pemrograman C++ basic diperlukan sebuah compiler sebagai penerjemahnya. Compiler adalah program yang digunakan untuk menerjemahkan bahasa pemrograman C++ ke dalam bahasa mesin sehingga dapat dimengerti dan dijalankan oleh komputer tersebut. Untuk memahami struktur bahasa c++ lebih lanjut mari perhatikan penjelasan berikut.

Berikut adalah contoh penulisan bahasa pemrograman C++ :

BACA : C++ CLASS AND OBJECTS, Tutorial backup database dengan batchfile

//Contoh Program C++
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
	cout <<"Hallo giginau"<<endl;
	return 0;
}

Kemudian run program dan akan menampilkan output sebagai berikut :

Hallo giginau

Berikut Penjelasan singkat :

  1. //Contoh Program C++ : Keyword ( // ) atau n (/*…*/) tanda komentar dalam kata (//Contoh Program C++) menunjukan bahwa kata tersebuat adalah komentar yang tidak akan dieksekusi oleh program.
  2. Keyword #include <iostream> : memerintahkan kepada compiler untuk menyertakan file header iostream. Setiap pernyataan yang diawali dengan keyword (#) merupakan preprocessor.
  3. int main() : merupakan sebuah fungsi main atau utama yang ditandai dengan keyword () kemudian diikuti oleh {}, fungsi mian berfungsi untuk menjalankan semua program c++.
  4. cout <<“Hallo giginau”<<endl; cout merupakan termasuk dalam iostream, fungsinya untuk menampilkan variabel atau string pada layar
  5. Return 0; Merupakan sebuah pernyataan yang mengembalikan sebuah program kedalam nilai 0.

C ++ BASIC PROGRAMMING – TIPE DATA

Tipe Data adalah suatu jenis nilai yang akan disimpan dalam sebuah variabel. Dalam bahasa pemrograman C terdapat 5 tipe data yaitu :

TypeKeterangan
void
Tanpa tipe data dan tanpa pengembalian nilai
int Bilangan bulat integer
float
Bilangan pecahan floating point
double
Bilangan pecahan dengan jangkauan data yang lebih luas
char Karakter

Berikut adalah Tipe data tambahan bahasa pemrograman C++ :

TypeKeterangan
boolBilangan Boolean yang nilainya True dan False
wchar_twide character

C ++ BASIC PROGRAMMING – VARIABEL

Variabel adalah sebuah pengenal atau pengidentifikasi (identifier) yang berfungsi untuk menyimpan suatu nilai. Dengan kata lain variabel bisa disebut tempat atau wadah yang mempunyai identitas.

Berikut format penulisan variabel :

tipe_data variabel = nilai;

Dari format diatas dapat disimpulkan bahwa dalam menulis variabel hal pertama yang harus dilakukan adalah menulis tipe data, kemudian identifier dan penentuan sebuah nilai langsung atau tanpa menentukan nilai secara langsung.

Berikut contoh penulisan variabel:

#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
	int a;  //Deklarasi variabel
        a = 10; //Inisialisasi
        cout << "Nilai a adalah : "<<a<<endl; //Cetak variabel
	return 0;
}

Penjelasan : <int a> merupakan deklarasi sebuah variabel. kemudian a = 10; merupakan sebuah inisialisasi variabel. penulisan <cout << “Nilai a adalah : “<<a<<endl;> merupakan aktivitas sebuah program untuk mencetak sebuah outputs.

C ++ BASIC PROGRAMMING – KONSTANTA

Konstanta merupakan sebuah pengenal atau pengidentifikasi (identifier) yang berfungsi untuk menyimpan suatu nilai yang tetap. Sesuai dengan namanya nilai konstanta adalah tetap, dan nilai tetap inilah yang menjadi perbedaan antara variabel dan konstanta.

Kemudian membuat konstanta dalam bahasa c++ bisa menggunakan keyword <const> atau <#define>, pendeklarasian #define berada diluar fungsi mian(), sedangkan const dalam fungsi. Untuk memahami lebih lanjut tentang konstanta perhatikan contoh berikut.

Berikut contoh sederhana penulisan konstanta :

#include <iostream>
using namespace std;

#define PANJANG 10 //Konstanta
int main()
{
	const int LEBAR = 5 ;  //Deklarasi konstanta variabel
        cout << "Luas adalah : "<< PANJANG*LEBAR <<endl; 
	return 0;
}

Berikut penjelasan nya : #define PANJANG 10 adalah konstanta, const int LEBAR = 5 ; merupakan format penulisan konstanta lainnya

Jika program di run maka outputnya sebagai berikut:

Luas adalah : 50  

Output ini mencetak luas hasil dari PANJANG*LEBAR.

admin

giginau

Tinggalkan Balasan