Bagaimana Cara Menulis Kode Go-Lang – Sebelumnya pernah kita bahas tentang pengenalan apa itu golang dan bagaimana cara menginstall nya.

Untuk artikel kali ini kita akan membahas tentang perintah-perintah standar untuk Bagaimana Cara Menulis Kode Go-Lang.

Organisasi Kode Bahasa Pemrograman Go-Lang

Sebelum kita menulis kode dalam bahasa pemrograman golang ada baiknya kita mengetahui bagaimana struktur, Integrasi dan organisasi dalam bahasa pemrograman go.

Package adalah kumpulan file sumber dalam direktori yang sama yang di kompilasi bersama Fungsi, tipe, variabel, dan konstanta yang di definisikan dalam satu file sumber dapat di lihat oleh semua file sumber lain dalam package yang sama.

Repositori berisi satu atau lebih modul. Kemudian Modul adalah kumpulan package Go terkait yang di rilis bersama. Repositori Go biasanya hanya berisi satu modul, yang terletak di root repositori. Sebuah file bernama go.mod, yang bertugas mendeklarasikan jalur modul: jalur awal mengimpor untuk semua paket yang ada di dalam modul.

Modul ini berisi package-package dalam direktori yang berisi file go.mod serta subdirektori dari direktori tersebut, hingga subdirektori berikutnya yang berisi file (go.mod) lainnya.

Import path adalah string yang di gunakan untuk mengimpor package. Import path adalah jalur modulnya yang di gabungkan dengan subdirektori di dalam modul. Misalnya, modul github.com/google/go-cmp berisi paket di direktori cmp/. Jalur impor paket itu adalah github.com/google/go-cmp/cmp. Di kutip dari Golang.dev

Membangun Program Dengan Go-Lang

Pastikan anda sudah menginstaal aplikasi Go-Lang pada komputer anda. Perlu di catat saya akan membuat contoh program dengan menggunakn Go versi 1.18 dan sistem operasi Windows 10.

Kemudian untuk menjalankan dan mengcompile sebuah contoh program di bawah ini, pertama yang harus di lakukan adalah menentukan path module (D:\applications\go) dan kemudian membuat module dalam path tersebut. berikut contohnya :

D:\applications\go>go mod init go
go: creating new go.mod: module go

D:\applications\go>

Setelah anda berada dalam path yang anda buat tadi kemudian buat perintah (go mod init go) kemudian jalankan maka akan terbentuk file (.mod) pada path yang kita buat tadi.

Perlu di perhatikan pernyataan pertama dalam source code Go harus berupa nama paket. Perintah yang dapat dieksekusi harus selalu menggunakan paket utama.

Selanjutnya, buatlah file bernama main.go di dalam direktori (D:\applications\go) dan isi kode Go berikut:

package main

import "fmt"

func main() {
	fmt.Println("Hello, world. Sekarang saya sedang belajar bahasa pemrograman go!")
}

Compile Dan Menjalankan Kode Go-Lang

Setelah module main terbentuk. maka langkah selanjutnya adalah meng compile kode golang tersebut dengan cara sebagai berikut :

D:\applications\go>go build main.go

Setelah perintah di atas di jalankan maka dalam Repositori anda akan terbentuk satu file dengan nama (main.exe).

Selanjutnya jalankan file (main.exe) dengan cara ketikan nama file (main.exe) yang sudah terbuat tadi dan berikut kode nya:

D:\applications\go>main
Hello, world. Sekarang saya sedang belajar bahasa pemrograman go!

Import Package

Akan ada saat-saat ketika penulisan kode anda membutuhkan fungsionalitas tambahan di luar program anda saat ini. Dalam kasus ini, Anda dapat menggunakan package untuk membuat program anda lebih canggih. Package mewakili semua file dalam satu direktori pada disk. Package dapat menentukan fungsi, jenis, dan interface yang dapat anda rujuk ke dalam file atau paket Go lainnya.

Contoh kasus kita akan membuat sebuah package bernama morestrings (D:\applications\go\lib) untuk kita gunakan pada program main yang kita tulisa tadi. Berikut penulisan kode nya :

package main

import (
	"fmt"
	morestrings "go/lib"
)

func main() {
	fmt.Println(morestrings.ReverseRunes("Memakai Package MoreString !oG ,olleH"))
}

Hasilnya :

Hello, Go! gnirtSeroM egakcaP iakameM

Import Packages From Remote Modules

Import path memungkinkan kita dapat memperoleh package source code dari Git hub. GO menggunakan properti untuk mengambil package secara otomatis dari repositori jarak jauh. Contoh, Untuk menggunakan github.com/google/go-cmp/cmp di program Anda:

require github.com/google/go-cmp v0.5.4
package main

import (
	"fmt"
	morestrings "go/lib"
	"github.com/google/go-cmp/cmp"
)

func main() {
	fmt.Println(morestrings.ReverseRunes("Memakai Package MoreString !oG ,olleH"))
	fmt.Println(cmp.Diff("Hello World", "Hello Go"))
}

Hasinya :

PS D:\applications\go> go run main.go
package command-line-arguments
        imports github.com/google/go-cmp@v0.5.7/cmp: can only use path@version syntax with 'go get' and 'go install' in module-aware mode  
PS D:\applications\go> go run main.go
Hello, Go! gnirtSeroM egakcaP iakameM
  string(
-       "Hello World",
+       "Hello Go",
  )

PS D:\applications\go> 

Go-Lang Testing

Bahasa pemrograman Go menyediakan kerangka kerja pengujian (TESTING), Yang terdiri dari perintah Go Test dan package pengujian. Kita membuat package morestrings dan beri nama (reverse_test.go) kemudian simpan pada path (D:\applications\go\lib). Berikut kode nya :

package morestrings

import "testing"

func TestReverseRunes(t *testing.T) {
	cases := []struct {
		in, want string
	}{
		{"Hello, world", "dlrow ,olleH"},
		{"Hello, 世界", "界世 ,olleH"},
		{"", ""},
	}
	for _, c := range cases {
		got := ReverseRunes(c.in)
		if got != c.want {
			t.Errorf("ReverseRunes(%q) == %q, want %q", c.in, got, c.want)
		}
	}
}

Setelah itu jalankan perintah test dengan cara mengetik (go test) dan berikut Hasilnya :

D:\applications\go\lib>go test
PASS
ok      go/lib  0.054s

D:\applications\go\lib>

Jika hasil pengujian terdapat error maka hasil pengujian di anggap gagal. Demikian artikel Bagaimana Cara Menulis Kode Go-Lang kami buat. mudah mudahan bermanfaat .

Bagaimana Cara Menulis Kode Go-Lang

admin

giginau

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.